Diberdayakan oleh Blogger.

Kedai Boekoe Online

Kami hanya menjual buku bekas,djadoel & antik.

Call/Text/Whatsapp : 0812 - 13100 - 109

Alamat :

Jl.swadaya 1c No.14
Pasarminggu - Jakarta Selatan
12510

Our Other Website :


Created by www.csstemplateheaven.com | Blogger Template by Blogger Template Place
Distributed by: free blogger template header best blogger theme free | best vpn gaming windows 7 cheap vpn 2012

Batik Kudus The Heritage

Kudus tidak hanya dikenal dengan sebutan kota Kretek saja. Tapi kabupaten di Jawa Tengah itu juga memiliki budaya batik Jawa yang khas dengan isen-isen rumit dalam proses pembuatannya.

Buku tebal yang mengungkap keindahan dan perjalanan batik Kudus itu adalah karya Miranti Serad Ginanjar bersama Djarum Foundation. Miranti adalah pecinta sekaligus pemerhati batik di Indonesia, yang selama ini secara khusus membina batik Kudus.

Lewat 'Batik Kudus The Heritage', penulis sekaligus pembina Batik Kudus Miranti Serad Ginanjar membedah perjalanan batik Kudus dari masa ke masa.
Miranti menyatakan, lewat buku itu, dia ingin membuat masyarakat makin mengenal mengenai batik Kudus. Dalam buku itu, Miranti mengungkap batik Kudus secara mendalam dari masa ke masa yang ternyata memperlihatkan perkembangan coraknya yang makin kaya termasuk penggunaan warna yang semakin semarak.

Miranti ingin menempatkan batik Kudus setara dengan batik pesisir Jawa yang sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia dan dunia.

"Batik Kudus sudah terkenal sejak zaman Sunan Kudus di abad 16. Pada masa itu, pembuatan batik berpusat di langgar dalem dan dikerjakan oleh para warga wanita yang kemudian lahir corak-corak langgar dalem yang sangat nuansa Islam," ungkap Miranti.

Menurut Miranti pada tahan 1920 hingga 1930-an, batik Kudus mengalami asimiliasi dengan kebudayaan Tionghoa seiring tingkat perdagangan antara wilayah-wilayah di Nusantara dengan bangsa asing. Kemudian muncul nama-nama seniman bernama Lien Boen In yang memberikan sentuhan baru terhadap corak batik Kudus.

Hardcover
272 halaman
Tahun 2015
Full warna,di sertai banyak ilustrasi gambar dan keterangannya.
Stock : 12
Sisa stock : 4pcs
Rp.300.000,- /belum ongkos kirim

Posting Komentar